-->

Apa Sih Peranan Situs Bank Indonesia?

Situs Bank Indonesia di www.bi.go.id merupakan situs web portal bank Indonesia yang berisi tentang profil Bank Indonesia. Bank Indonesia adalah bank sentral negara Indonesia yang dibangun pada tanggal 1 Juli 1828, yang awalnya bernama “De Javasche Bank”. De Javasche Bank sendiri dijadikan sebagai bank pusat atau bank sentral di Indonesia berdasarkan Undang-Undang setelah Indonesia merdeka, tepatnya di tahun 1953. Bank Indonesia sendiri memiliki 3 misi pokok, yakni transaksi dan sistem pembayaran, perbankan dan moneter. Adapun fungsi utama Bank Indonesia ini adalah sebagai pendamping Pemerintah Indonesia untuk melancarkan proses pembangunan dan produksi, juga untuk memperluas sistem lapangan pekerjaan guna meningkatkan kualitas hidup dari rakyat Indonesia.
peranan bank dalam masyarakat,pembangunan,syariah,perkreditan rakyat,transaksi pasar uang valuta asing,lalu lintas pembayaran internasional,mendorong laju pertumbuhan ekonomi nasional,

Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih detail tentang Bank Indonesia ini, Anda dapat mengakses webnya secara langsung di alamat diatas, yaitu www.bi.go.id. Dalam situs Bank Indonesia sendiri, Anda bisa mempelajari dan mengetahui berbagai macam hal tentang perbankan, seperti peranan Bank Indonesia, struktur organisasi, susunan dewan gubernur, inflasi, sistem keuangan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada banyak ilmu yang bisa Anda pelajar di situs tersebut, khususnya mengenai sistem perekonomian di Indonesia. Namanya juga bank sentral di Indonesia, sudah pasti memiliki banyak peranan bagi perkembangan sistem perekonomian yang ada di Indonesia. 

Menurut situs Bank Indonesia, BI memiliki tujuan tunggal yaitu untuk menstabilkan nilai rupiah. Menstabilkan disini mencakup 2 aspek penting, yaitu kestabilan nilai rupiah terhadap nilai tukar mata uang negara lain dan juga kestabilan terhadap barang ataupun jasa melalui laju inflasi. Dalam pelaksanaan wewenang sendiri, Bank Indonesia ini menetapkan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas dengan cara menyampaikan informasi pada seluruh masyarakat di Indonesia dengan terbuka di media massa. 

Berdasarkan situs Bank Indonesia sendiri, Anda bisa mengetahui apa saja sistem pembayaran yang ada di Indonesia. Mulai dari pengenalan mengenai sistem pembayaran itu sendiri, perkembangan dan perubahan alat pembayaran hingga alat-alat pembayaran tunai. Dengan demikian, kita bisa mengetahui sejarah perkembangan perekonomian di Indonesia dari tahun ke tahun, mulai dari pembayaran tunai dan pembayaran non tunai. Seperti kita ketahui, di zaman sekarang ini sudah banyak orang yang memanfaatkan sistem pembayaran non tunai untuk mempermudah transaksi dan juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Maka dari itulah, tujuan BI di sini adalah untuk mendorong masyarakat Indonesia agar terbiasa melakukan pembayaran melalui alat pembayaran non tunai. 

Bank Indonesia secara terbuka mengajak setiap masyarakat Indonesia untuk memajukan kegiatan perekonomian yang berlangsung di negara Indonesia. Selain itu, memberikan pengertian dan pengetahuan kepada masyarakat mengenai perkembangan sistem ekonomi dan juga kurs mata uang di setiap tahunnya. Nah, itulah beberapa hal yang bisa kita pelajar dalam situs Bank Indonesia di www.bi.go.id.
LihatTutupKomentar