-->

Apa Itu Swift Code Bank Mandiri?

Dunia perbankan memang sering menggunakan kata-kata asing yang bisa membuat orang harus mengerutkan dahi saat mendengarnya, karena merasa asing dengan istilah tersebut seperti pada kata swift code Bank Mandiri. Mungkin akan banyak muncul pertanyaan tentang apa itu swift code pada beberapa orang yang sama sekali tidak tahu atau bahkan mereka yang tahu tapi tidak bisa menjelaskannya dengan baik. Pengetahuan sederhananya, swift code ini adalah merupakan kode identifikasi unik yang dimiliki oleh bank dan merupakan kode identifier bank (BIC). Kode swift yang juga dikenal dengan BIC ini berfungsi untuk mengenali lembaga keuangan dan non keuangan. Berikut ini kegunaan swift yang bisa kita ketahui.
wift code bank mandiri terbaru,bank mandiri syariah,cabang bekasi,yang baru,

1. Swift adalah pembawa pesan
Swift code Bank Mandiri dan demikian pada bank lainnya sesungguhnya memiliki fungsi sebagai pembawa pesan. Sehingga swift ini tidak memiliki akses dana atau mengelola account para pelanggan, atau bukan juga sebagai penampang informasi yang bersifat terus-menerus. Tugas swift di sini adalah sebagai pembawa pesan yang membawa pesan dari lembaga satu ke lembaga lainnya. Namun demikian, kegiatan yang dilakukan adalah merupakan pertukaran data yang aman di samping itu kerahasiaan dan integritas juga akan tetap terjamin.

2. Swift sebagai komunikasi antar bank
Tidak hanya swift code Bank Mandiri, ini juga terjadi pada swift pada umumnya bahwa secara garis besar kode swift ini digunakan sebagai komunikasi antar bank. Sehingga masing-masing bank haruslah memiliki swift code sendiri dan bersifat unik. Dengan kode unik yang dimiliki sebuah bank ini maka tidak akan terjadi kesalahan berkomunikasi yang terjadi antar bank.

3. Swift code untuk transfer
Jika Anda akan melakukan transfer ke bank luar negeri, maka kode swift ini harus dicantumkan. Swift code Bank Mandiri ini terdiri dari 8 hingga 11 karakter yang memiliki arti pada digitnya. Dimana 4 karakter pertama adalah merupakan kode bank, 2 digit berikutnya merupakan kode negara, 2 digit berikutnya merupakan kode lokasi dan 3 digit terakhir adalah kode cabang. 

Maka apabila suatu saat nanti melakukan transfer ke bank di luar negeri, Anda harus hafal kode swift bank tersebut. Sedangkan swift code Bank Mandiri adalah BEIIIDJA. Jika Anda melihat urutan kode-kode swift ini, akan banyak Anda temukan huruf yang hampir serupa, namun demikian tidak ada satupun dari kode tersebut yang memiliki kode sama. Jika transaksi transfer yang Anda lakukan adalah yang pertama kali, mungkin Anda akan mengalami sedikit kesulitan untuk mengisikan form yang harus di isi. Maka agar Anda tidak salah dalam mengisi form Anda bisa bertanya pada CS bank tersebut atau bertanyalah pada satpam, yang memang bertugas untuk menjelaskan tentang bank ini.
LihatTutupKomentar