-->

Info Daftar Lengkap SWIFT Code Bank di Indonesia dan Fungsinya

Banyak orang yang masih bingung mengenai SWIFT code atau kode SWIFT. Apa sebenarnya SWIFT code ini? Dalam pembahasan kali ini tidak hanya akan diberikan daftar lengkap SWIFT code bank di Indonesia saja tapi juga apa itu sebenarnya SWIFT code. Kode SWIFT sendiri bukan hanya berupa kode yang tidak bermakna tapi ini merupakan kode yang sangat bermakna jika Anda ingin melakukan transaksi antar bank di dunia. SWIFT sendiri merupakan singkatan dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication. Jadi, bukan hanya sekedar kode saja tapi juga merupakan sebuah perusahaan yang bertugas untuk mengirimkan pesan perbankan antar negara.
swift code bank di indonesia,comments swift code,swift bank blogs,kode swift bank panin,iban code bank mandiri,arti swift code,pengertian swift,

SWIFT sendiri memberikan layanan untuk menghubungkan antar bank di dunia untuk bertukar informasi, seperti transfer antar nasabah dan lain sebagainya. Tugas SWIFT sendiri hanya sebagai penghubung saja antar bank di dunia dan tidak berhak untuk mengetahui isi dari transaksi tersebut. SWIFT membantu para pelanggannya untuk menstandarisasikan dan mengotomatiskan transaksi keuangan mereka. Tujuan dari SWIFT sendiri adalah untuk mengurangi risiko biaya operasional, menurunkan biaya, dan juga mendefisiensikan operasi antar bank di dunia. Dengan daftar lengkap SWIFT code bank di Indonesia ini Anda bisa semakin cepat dan mudah untuk melakukan transaksi antar bank dunia.

Kantor pusat SWIFT sendiri ada di Belgia dan mempunyai kantor cabang di setiap pusat utama yang akan melakukan transaksi serta pasar keuangan yang ada di dunia. SWIFT tidak mempunyai akses pada dana yang dikirimkan dan juga pengelolaan account yang digunakan oleh pelanggan. Selain itu, SWIFT juga tidak menyimpan informasi atau data keuangan dari pelanggan secara terus-menerus karena akan hilang dengan sendirinya secara berkala. Jadi, SWIFT hanya sebagai pembawa pesan dan dengan adanya daftar lengkap SWIFT code bank di Indonesia akan memudahkan Anda dalam bertransaksi ke luar negeri.

SWIFT menjamin adanya pertukaran data yang sangat aman antar nasabah antar bank yang ada di dunia. Setiap bank yang ada di dunia mempunyai kode uniknya sendiri dan setiap bank yang terhubung dengan jaringan SWIFT mempunyai kode yang berbeda-beda. Hal ini digunakan agar setiap transaksi yang dilakukan tidak mengalami kesalahan baik dari nasabah ataupun banknya. Secara tidak langsung, SWIFT menjadi semacam kantor pos yang melayani antar pesan atau transaksi antar bank di dunia. Oleh sebab itu, daftar lengkap SWIFT code bank di Indonesia ini harus Anda ketahui dengan benar.

1. Bank Indonesia : INDOIDJA
2. Bank Bukopin : BBUKIDJA
3. Bank Central Asia (BCA) : CENAIDJA
4. Bank Chinatrust Indonesia : CTCBIDJA
5. Bank of China, Jakarta Branch : BKCHIDJA
6. Bank ABN AMRO : ABNAIDJA
7. Bank Haga : HAGAIDJA
8. Bank Artha Graha : ARTGIDJA
9. Bank Bangkok : BKKBIDJA
10. Bank Bumiputera Indonesia : BUMIIDJA
11. Bank Bumi Arta Indonesia : BBAIIDJA
12. Bank Buana Indonesia : BBIJIDJA
13. Bank CIC International : CICTIDJA
14. Bank Commonwealth : BICNIDJA
15. Bank Danamon : BDINIDJA
16. Bank Deutsche AG : DEUTIDJA
17. Bank Internasional Indonesia (BII) : IBBKIDJA
18. Bank Kesawan : AWANIDJA
19. Bank Lippo : LIPBIDJA
20. Bank Mandiri : BMRIIDJA
21. Bank HSBC : HSBCIDJA
22. Bank Mega : MEGAIDJA
23. Bank Mizuho Indonesia : MHCCIDJA
24. Bank NISP : NISPIDJA
25. Bank Niaga : BNIAIDJA
26. Bank Negara Indonesia (BNI) : BNINIDJA
27. Bank OCBC Indonesia : OCBCIDJA
28. Bank Permata : BBBAIDJA
29. Bank Pan Indonesia : PINBIDJA
30. Bank Rabobank International Indonesia : RABOIDJA
31. Bank Resona Perdania : BPIAIDJA
32. Bank Rakyat Indonesia (BRI) : BRINIDJA
33. Bank Sumitomo Mitsui Indonesia : SUNIIDJA
34. Bank Syariah Mandiri : BSMDIDJA
35. Bank Tabungan Negara (BTN) : BTANIDJA
36. Bank BNP Paribas Indonesia : BNPAIDJA
37. Bank UFJ Indonesia : SAINIDJA
38. Bank UOB Indonesia : UOBBIDJA
39. Bank Woori Indonesia : HVBKIDJA
40. Bank Swadesi : SWBAIDJA
41. Bank Maybank Indocorp : MBBEIDJA
42. Bank DBS Indonesia : DBSBIDJA
43. Bank Ekspor Indonesia : BEXIIDJA
44. Bank Ekonomi Raharja : EKONIDJA
45. Bank Finconesia : FINBIDJA

Kode SWIFT sendiri terdiri dari 8 atau 11 karakter huruf kapital yang unik. Setiap huruf karakternya mempunyai arti yang berbeda-beda. 4 karakter huruf yang pertama adalah kode dari bank tersebut kemudian 4 karakter yang selanjutnya adalah kode dari negaranya. Kode Indonesia sendiri adalah IDJA. Jadi, setiap SWIFT code bank yang ada di Indonesia 4 digit karakter akhirnya adalah IDJA. Semoga daftar lengkap SWIFT code bank di Indonesia sesuai dengan nama banknya ini bisa bermanfaat bagi Anda.
LihatTutupKomentar